4 Tips Menjaga Sanitasi Kantor di Era New Normal
4 Tips Menjaga Sanitasi Kantor di Era New Normal
4 Tips Menjaga Sanitasi Kantor
Era new normal membuat mayoritas orang bisa kembali bekerja di kantor seperti sebelum pandemi berlangsung. Kendati demikian, ada sejumlah protokol kesehatan yang wajib dipatuhi untuk meminimalkan penyebaran Covid-19. Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah menjaga sanitasi kantor. Hal ini dikarenakan virus Covid-19 rentan menyebar di lingkungan yang kebersihannya kurang terjaga.
Menjaga kebersihan kantor merupakan hal yang wajib dilakukan di era new normal untuk meminimalkan penularan penyakit. Kantor yang higienis dan sehat akan membuat karyawan leluasa beraktivitas dan tetap produktif. Sehingga target perusahaan tetap dapat tercapai.
Empat tips sederhana ini dapat diberlakukan untuk menjaga sanitasi kantor di masa new normal:

1. Membatasi Permukaan yang Biasa Disentuh Karyawan

Penyebaran virus dapat terjadi melalui sentuhan permukaan atau benda yang telah terkontaminasi. Oleh sebab itu, kantor harus mengimplementasikan teknologi canggih untuk membantu karyawan mengurangi sentuhan pada benda-benda di lingkungan kerja. Pemasangan sensor gerak di ruang kantor atau membiarkan pintu terbuka dapat mengurangi penyebaran virus secara efektif.

2. Membersihkan Ruang Kantor Setiap Hari

Kebersihan kantor patut menjadi perhatian utama di masa pandemi. Oleh sebab itu, proses membersihkan ruang kantor harus dilakukan setiap hari, minimal dua kali sebelum dan setelah ruangan digunakan. Alangkah lebih baik lagi bila ruang kantor juga dibersihkan setelah digunakan banyak orang atau digunakan oleh orang-orang yang berasal dari luar lingkungan kerja (misalnya klien bisnis yang sedang bertamu).

3. Menyediakan Perlengkapan Pribadi untuk Karyawan

Cara meminimalkan penyebaran virus di kantor dapat dilakukan dengan menyediakan perlengkapan pribadi untuk karyawan. Beberapa perlengkapan seperti tisu basah dan kering, masker medis, loker pribadi, dan hand sanitizer adalah benda yang wajib ada di kantor pada masa new normal. Di samping itu, perusahaan juga dapat mengimbau para karyawan untuk menyediakan perlengkapan pribadi secara mandiri, contohnya peralatan makan dan perlengkapan ibadah. Hal ini dikarenakan menggunakan perlengkapan umum secara bersama-sama bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

4. Memberikan Edukasi kepada Karyawan Secara Telaten

Menjaga sanitasi kantor tak dapat dilakukan sendiri oleh pihak pengelola perusahaan. Itulah sebabnya pengelola gedung kantor wajib memberikan edukasi kepada karyawan secara telaten mengenai pentingnya protokol kesehatan di kantor. Edukasi yang disampaikan terus-menerus akan membuat para karyawan lebih disiplin menaati protokol kesehatan selama beraktivitas di kantor. Risiko penyebaran Covid-19 di kantor pun akan semakin kecil.
Menjaga sanitasi kantor adalah salah satu cara paling mudah untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19. Mari menaati protokol kesehatan supaya pandemi lekas berlalu dan kondisi lingkungan kerja kembali seperti semula.

Tips & Inspirasi Lainnya

Realisasikan Interior Ideal Sesuai Dengan Kebutuhan Proyek Anda