4 Pilihan Gaya Interior Kantor Masa Kini
Evolusi ruang kantor kontemporer dan desain interior dimulai pada awal tahun 2000-an. Namun, perubahan yang cukup signifikan terjadi saat perusahaan digital raksasa seperti Google, Facebook, dan Apple menampilkan desain kantor modern minimalis tanpa sekat untuk memudahkan terjadinya komunikasi dan kolaborasi.
Ada banyak pilihan desain interior kantor yang dapat mengubah tampilan menjadi semakin menarik, mulai dari gaya minimalis, urban modern, atau yang sedang tren saat ini, gaya Skandinavia. Berikut kompilasi 4 gaya interior terkini yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Desain Kantor Minimalis

Bagi Anda yang menyukai ruang kantor dengan kesan ringan dan bersih, Anda mungkin cocok dengan gaya interior minimalis. Sering dipilih karena tampilannya yang elegan, gaya ini menekankan pada segi fungsionalitas desain dengan menghadirkan bentuk ruang, detil, dan warna yang tidak terlalu kompleks.
Jika Anda ingin menghadirkan suasana minimalis untuk kantor Anda, pilihlah warna-warna netral dan alami seperti putih, abu-abu, atau cokelat muda untuk elemen interior kantor Anda. Furnitur yang dipilih juga harus memiliki bentuk-bentuk sederhana dengan visual yang bersih. Untuk memberikan sedikit sentuhan unik, kombinasi tekstur kayu, kaca, dan konkrit juga dapat dipertimbangkan.

2. Desain Kantor Urban Modern

Sumber foto: cloudinary.com

Desain interior bergaya urban modern biasanya memadukan nuansa gaya minimalis yang sederhana, gaya kontemporer yang kasual, dan gaya industrial yang kuat. Dengan membaurkan banyak elemen, desain ini menghadirkan suasana yang lembut dan nyaman, namun tetap modern.
Untuk menghadirkan gaya ini, Anda dapat memilih palet warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam dilengkapi dengan furnitur yang minim ornamen. Elemen yang identik dengan gaya industrial seperti dinding batu bata, kolom besi, dan lantai kayu juga umum digunakan untuk memperkuat kesan ruangan.

3. Desain Kantor Industrial

Sumber foto: thedesignhome.com

Sering ditemukan pada kantor-kantor startup, desain kantor industrial mengkombinasikan material kayu, logam, batu bata, dan konkrit untuk menghasilkan kesan unfinished tanpa menghilangkan kenyamanan. Apabila Anda lebih menyukai ruang kantor berwarna gelap dengan tekstur yang kuat, gaya desain ini bisa jadi pilihan ideal bagi Anda.
Selain menggunakan dinding batu bata dan lantai konkrit, Anda juga dapat menghadirkan suasana industrial melalui paduan warna-warna netral dengan sedikit kontras. Pemilihan kombinasi furnitur sederhana dan furnitur berdekorasi menarik juga dapat dilakukan untuk menciptakan keseimbangan visual ruang yang baik.

4. Desain Kantor Skandinavia

Sumber foto: dwell.com

Gaya desain yang sedang naik daun ini identik dengan penggunaan warna terang yang mendominasi. Mirip dengan gaya desain minimalis, gaya desain Skandinavia menggunakan furnitur-furnitur sederhana tanpa detail atau ornamen untuk menghasilkan kesan bersih dan elegan.
Untuk memperkuat karakteristik Skandinavia di kantor, Anda dapat memanfaatkan penggunaan material kayu berwarna cerah pada lantai maupun furnitur, memperbanyak ornamen kain seperti karpet dan tirai, serta melengkapi kantor Anda dengan keberadaan tanaman indoor.

Dengan semakin banyaknya gaya interior kantor yang menarik, Anda memiliki banyak pilihan untuk memadukan berbagai elemen yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan unik organisasi Anda. Semoga artikel ini memberikan inspirasi tata ruang yang tidak hanya estetik namun tetap fungsional untuk kantor Anda.

Tips & Inspirasi Lainnya

Realisasikan Interior Ideal Sesuai Dengan Kebutuhan Proyek Anda