8 Tips Mendesain Tata Ruang Kantor Ideal

Muncul dan berkembangnya berbagai bisnis menciptakan kebutuhan terhadap ruangan kantor. Namun, ketersediaan lahan yang terbatas berdampak langsung pada luas area ruang perkantoran yang semakin sempit, terutama di daerah perkotaan. Oleh karena itu, desain interior ruang kantor dewasa ini tidak hanya harus estetis, namun juga harus efisien untuk mendukung aktivitas kerja yang produktif dan tetap menyenangkan.
Lantas, bagaimana langkah membuat desain interior ruang kantor yang nyaman dan menyenangkan? Berikut 8 langkah yang dapat Anda lakukan!

1. Libatkan Pengguna dalam Proses Desain

Dalam mendesain kantor, ada baiknya Anda melibatkan karyawan terutama untuk mengidentifikasi kebutuhan, memilih perangkat kerja, dan juga konsep ruang yang akan dirancang.
Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan jasa desain interior yang mampu menjembatani antara kebutuhan karyawan dan keinginan perusahaan. Sehingga terbentuklah rancangan desain yang sama-sama memuaskan untuk berbagai pihak.

2. Pilih Furnitur yang Sesuai

Pertimbangkan jenis, bahan, nilai guna, dan komposisi furnitur yang akan digunakan. Kualitas bahan wajib menjadi prioritas dalam memilih furnitur bagi kantor. Furnitur yang dipilih juga hendaknya disesuaikan dengan tema ruang yang akan aplikasikan.
Usahakan agar setiap barang diletakkan pada tempat yang sesuai sehingga dapat mendukung fungsi furnitur lainnya. Jangan abaikan prinsip pemilihan furnitur, yakni memilih berdasarkan fungsi lalu pertimbangkan dari segi estetikanya.
Furnitur yang sesuai dan berkualitas akan menjadi investasi yang menunjang produktivitas dalam jangka panjang. Anda bisa mulai dengan mencari meja dan kursi yang sesuai desain interior ruang kantor. Pelajari spesifikasi furnitur termasuk lebar, tinggi, fungsi, material dan sebagainya agar tata ruang kantor terlihat tetap estetik.

3. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Riset membuktikan bahwa pencahayaan tata ruang kantor dapat memengaruhi produktivitas, kesehatan, dan semangat kerja karyawan. Sebelum memutuskan membeli lampu atau instalasi tertentu, coba telusuri sekali lagi desain tata ruang kantor terbaik dari segi pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari.
Selain menghemat penggunaan listrik, pencahayaan alami juga memiliki andil besar terhadap kesehatan dan membunuh mikroorganisme yang merugikan.
Adapun untuk titik-titik yang tidak terjangkau sinar matahari, Anda bisa mempertimbangkan pencahayaan buatan dengan berbagai fungsi, baik untuk penerangan utama maupun yang bersifat dekoratif.
Anda dapat memilih pencahayaan ini dengan mempertimbangkan fungsi ruang tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh pencahayaan yang efektif, tidak berlebihan, dan tepat sasaran. Misalnya, lampu yang dipasang di plafon atau langit-langit ruangan untuk menghasilkan pendar cahaya yang lembut dan merata ke seluruh ruangan.

4. Antisipasi Kondisi Kantor yang Berantakan

Anda pasti tidak ingin tamu yang berkunjung mendapati ruang kantor Anda berantakan. Oleh karena itu, saat membangun atau mendesain kantor baru, pertimbangkan berbagai cara untuk menghindari ruang kerja yang berantakan.
Anda bisa memilih berbagai rak penyimpanan yang tak hanya efektif untuk mengorganisasi peralatan kantor, tetapi juga memiliki desain yang unik.
Lengkapi rak penyimpanan dengan kotak penyimpanan khusus alat tulis hingga peralatan elektronik sehingga tata ruang kantor tetap rapi dan terorganisir.

5. Tambahkan Elemen Unik Peningkat Produktivitas

Ada beberapa elemen ruangan yang wajib hadir di tata ruang kantor dan terbukti bisa meningkatkan produktivitas kerja, misalnya berbagai jenis tanaman dalam ruangan, dekorasi yang memotivasi seperti pernak-pernik dinding, dan perangkat teknologi untuk menunjang kinerja perusahaan.
Pastikan tata ruang kantor akan bisa mengakomodasi elemen ini dengan baik supaya Anda bisa menempatkan seluruh benda ini dengan tepat.

6. Tata Ruang untuk Meningkatkan Efektivitas Komunikasi

Komunikasi efektif antara karyawan, ternyata juga dapat dipengaruhi oleh konsep tata ruang kantor.
Tempatkan satu divisi di area yang berdekatan, dan sediakan perangkat yang mendukung kinerja mereka. Jika memang perlu menggunakan partisi, pilihlah partisi ruang yang estetis dan multifungsi.

7. Sediakan Ruang Bersantai

Tata ruang kantor harus mempertimbangkan kesejahteraan para karyawan. Jadi, ruang untuk bersantai, menikmati makan siang, sekaligus beristirahat sejenak cukup penting sifatnya.
Sediakan sebuah ruang relaksasi yang bergaya informal supaya tercipta interaksi sosial dan spontanitas antara para karyawan. Ada baiknya tata ruang kantor ini menggunakan warna-warni terang yang ceria atau warna-warna cokelat kayu nan lembut untuk memberikan kesan rileks dan hangat.

8. Ciptakan Ruang Tunggu yang Nyaman

Jika perusahaan mementingkan penampilan dan akan sering menerima tamu, tata ruang kantor haruslah menyediakan lobi sebagai ruang tunggu yang nyaman. Tak perlu luas, prioritas utama adalah memastikan lobi terkesan ramah, menarik, dan nyaman.
Cukup sebuah meja resepsionis kecil dan sofa empuk untuk menciptakan kesan pertama yang profesional pada tamu yang berkunjung.
Semoga artikel ini memberikan inspirasi tata ruang kantor yang ideal untuk Anda.

Tips & Inspirasi Lainnya

Realisasikan Interior Ideal Sesuai Dengan Kebutuhan Proyek Anda