Tips Memilih Furnitur Kantor

Lingkungan kerja yang tertata dengan baik pasti akan membuat siapapun yang datang merasa betah. Dengan lingkungan yang nyaman, tentunya aktivitas bekerja yang dilakukan akan lebih nyaman. Bahkan, bisa memunculkan ide dan semangat yang lebih optimal. Terlebih lagi, seiring pergerakan industri startup di Indonesia, semakin banyak pula kantor berdesain unik dengan ragam furnitur kantor yang menciptakan kesan jauh dari kata membosankan. Tak ayal, berbagai pilihan bentuk dan warna ornamen dan furnitur di setiap sudut ruang kantor tak lepas dari pertimbangan agar tercipta ruang kerja yang tidak membosankan.
Untuk menciptakan ruang kerja yang modern dan menyenangkan, kita harus memahami betul visi misi, konsep perusahaan, hingga bagaimana rancangan sebuah ruangan akan ditata. Furnitur yang akan dipilih tentunya juga harus mempertimbangkan aspek kebutuhan dan penggunaannya. Jangan hanya karena ingin mendapatkan tampilan yang unik, furnitur yang dipilih justru tidak bermanfaat dan hanya memenuhi ruangan saja. Lalu, bagaimana cara memilih furnitur kantor yang tepat guna sekaligus nyaman di mata? Simak tips berikut ini.

1. Pertimbangkan luas ruangan sebelum memilih furnitur

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luas area. Bagi area ruang tersebut secara proporsional sebagai berikut:
  • 1/3 untuk area meja kerja
  • 1/3 untuk area berkas
  • 1/3 untuk area terbuka bebas
Area terbuka bebas difungsikan sebagai tempat lalu-lalang atau untuk pengembangan di masa yang akan datang ketika perusahaan anda sudah mengalami kemajuan.

2. Gunakan partisi atau tidak sama sekali

Tidak bisa dipungkiri, antar ruang dalam kantor pasti membutuhkan privasi yang berbeda. Dalam hal ini, penggunaan partisi kantor tentu akan sangat bermanfaat. Akan tetapi, kadang penggunaan partisi ini dapat menimbulkan kesan sempit dan terbatas bagi mereka yang memiliki kantor berukuran kecil.
Oleh karena itu, pilih partisi ruang yang multifungsi untuk mengoptimalkan kebutuhan atau tidak sama sekali.

3. Gunakan warna yang mencolok untuk kesan dominan.

Warna memiliki arti penting bagi sebuah ruang karena berperan dalam membentuk karakter ruang dan memberi pengaruh terhadap penghuninya. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan warna yang berbeda untuk setiap ruang dalam kantor Anda.
Berikan sentuhan warna yang mencolok antara satu ruang dengan ruang lainnya. Jangan lupa tambahkan tanaman hias dengan pot yang senada dengan dominan warna ruang tersebut untuk menghadirkan nuansa segar dan alami dalam ruangan.

4. Pertimbangkan segi fungsional sebelum segi estetika

Jangan terlalu memaksakan bentuk yang justru akan memakan ruang Anda terlalu banyak. Terkadang, hanya karena ingin mendapatkan tampilan interior ruangan yang menyenangkan, kita memilih furnitur yang estetis tetapi kurang bermanfaat.
Oleh karena itu, pilih furnitur sesuai fungsinya, lalu sesuaikan dengan konsep utama ruang Anda. Sebaiknya jangan mencampur area kerja dengan area bersantai agar karyawan Anda memiliki ruang gerak yang lebih leluasa untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada.
Dengan memilih furnitur yang tepat fungsi, ruang kantor tidak hanya akan tampil menawan, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan untuk bekerja setiap hari.

Tips & Inspirasi Lainnya

Realisasikan Interior Ideal Sesuai Dengan Kebutuhan Proyek Anda